Senin, 27 Juni 2016

Pudak Makanan Khas Gresik, Jawa Timur

Pudak adalah makanan khas daerah Gresik, pudak merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras yang dibungkus dengan pelepah pohon pinang. Menurut cerita awal terciptanya pudak, makanan ini digunakan untuk bekal para pedagang yang ingin melakukan perjalanan jauh, karena makanan ini cukup tahan lama selama 2-3 hari. Pudak menjadi pengganti makanan pokok pada saat itu karena makanan tersebut mempunyai kadar kalori yang cukup tinggi.

Pudak Makanan Khas Gresik
Pudak
Untuk membuat makanan ini juga tergolong mudah, tidak membutuhkan banyak macam-macam jenis bahan. Bahan yang di butuhkan tidak lain adalah tepung beras, santan, dan gula. Langkah pertama, gula, tepung beras dan santan dicampur dan di masak sampai mendidih. Kemudian adonan tersebut dituangkan atau dimasukkan ke dalam bungkus yang terbuat dari pelepah pohon pinang dan diikat supaya tidak tumpah. Langkah terakhir adalah mengukusnya sampai matang. Jika dirasa sudah matang, pudak siap untuk di nikmati.

Namun untuk mendapatkan ope (pelepah pohon pinang) sekarang ini cukup sulit di daerah Gresik, yang mengharuskan mendatangkan dari luar kota untuk mendapatkan bungkus ope ini. Jika tidak dibungkus dengan ope maka rasanya beda atau bisa dikatakan bukan Pudak namanya. Dulu ope sangat mudah di dapat di Gresik. Selain itu, masalah lainnya adalah kelestarian Pudak yang sudah jarang di produksi, karena anak-anak muda sekarang enggan membuat Pudak atau meneruskan usaha Pudak milik orang tua mereka.

Generasi muda kita sudah mengikuti modernisasi yang lebih memilih bekerja di kantor maupun pekerjaan lain ketimbang meneruskan usaha kuno. Hal tersebut semakin berdampak pada prosuksi pudak karena sedikitnya orang yang bisa membuat makanan ini. Meskipun pembuatan makanan ini tergolong mudah, namun jika ope semakin langka dan tidak ada yang membuat makanan ini, tidak mungkin lagi pudak akan sulit ditemui lagi. Pudak juga ada yang terbuat dari bahan sagu, yang biasa disebut dengan pudak sagu. Pudak memiliki 3 jenis, yaitu pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu.

Pudak Makanan Khas Gresik, Jawa Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Musthafa Kamal

0 komentar:

Posting Komentar